Senin, 02 November 2015



1. SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN


   Satu sistem manajemen lengkap yang berkaitan dengan kebijakan perusahaan yang terkait atau berpotensi mendatangkan dampak bagi lingkungan di sekitar wilayah operasi perusahaan, dimana sistem manajemen tersebut harus meliputi keseluruhan proses mulai dari perencanaan, penelitian, penerapan, penanggungjawaban, peninjauan dan peninjauan ulang serta pembuatan dan pemeliharaan kebijakan yang telah dihasilkan. Manajemen Lingkungan merupakan sistem pengelolaan yang dinamis, sehingga perlu adaptasi bila terjadi perusahaan di perusahaan yang mencakup sumber daya, proses dan kegiatan perusahaan. Tujuan secara menyeluruh dari penerapan sistem manajemen lingkungan (SML) ISO 14001 sebagai standar internasional yaitu untuk mendukung perlindungan lingkungan dan pencegahan pencemaran yang seimbang dengan kebutuhan sosial ekonomi. Manajemen lingkungan mencakup suatu rentang isu yang lengkap meliputi hal-hal yang berkaitan dengan strategi dan kompetisi. Penerapan ISO 14001 juga memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Beberapa manfaat yang penting yaitu meningkatkan kinerja lingkungan, mengurangi biaya dan meningkatkan akses pasar. ISO 14001:2004 memiliki  banyak manfaat diantaranya:
  • Menurunkan potensi dampak terhadap lingkungan
  • meningkatkan kinerja lingkungan
  • Memperbaiki tingkat pemenuhan (compliance) peraturan
  • Mengurangi dan  mengatasi resiko lingkungan yang mungkin timbul.
  • Dapat  menekan biaya produksi
  • Dapat mengurangi kecelakaan kerja
  • Dapat memelihara  hubungan baik dengan masyarakat, pemerintah dan pihak-pihak yang peduli terhadap lingkungan.
  • Memberi jaminan kepada konsumen mengenai komitmen pihak manajemen  puncak terhadap lingkungan.
  • Dapat  mengangkat  citra  perusahaan,


2. HUBUNGAN IAD DGN MANAJEMEN

Ilmu alamiah dasar (IAD) adalah ilmu dasar yang sangat penting untuk berbagai bidang ilmu,sama hal nya dengan ilmu manajemen. Manajemen adalah ilmu dan senimerencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasi, serta mengawasi tenagamanusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkanilmu alamiah dasar adalah ilmu yang mengkaji tentang gejala-gejala alam semesta,termasuk di muka bumi ini sehingga terbentuk konsep dan prinsip .Jadi sessungguhnya IAD adalah dasar dari segala sumber ilmu. Manajemenmembutuhkan konsep dan prinsip agar dapat memanage sesuatu dengan baik. Slah satunyaadalah mengelola lingkungan hidup atau menajemen lingkungan. Oleh karena itu kita perlu mengkaji teori-teori yang digunakan dalam manajemen ini serta mengetahuihubungan antara ilmu alamiah dasar dengan manajemen lingkungan hidup.



3. PENTINGNYA MEMPELAJARI IAD ????


  • Pentingnya kita dalam mempelajari Ilmu Alamiah Dasar dalam Instruksional Umum adalah memahami sejarah ilmu alamiah dasar, dengan mempelajarinya kita mampu belajar mengenai bagaimana terventuknya ilmu alamiah dasar mulai dari yang sederhana hingga sekompleks sekarang.
  • Mengetahui perkembangan ilmu alamiah dasar dengan mempelajarinya menjadi banyak percabangan ilmu pengetahuan. Ilmu alamiah dasar menjadi inti pokok dari perkembangan aneka ilmu pengetahuan. Seperti ilmu sosial yang bercabang menjadi sejarah, ekonomi dan lain sebagainya.
  • Memahami keterbatasan ilmu alamiah dasar. Ilmu alamiah dasar selain juga bermanfaat bagi umat manusia juga memiliki keterbatasan. Manusia yang mengembangkan ilmu pengetahuan, namuan ilmu pengetahuan yang dikembangkan menjadi ilmu alamiah dasar memiliki keterbatasan pemikiran. Sehingga, ilmu pengetahuan yang dikembangkan menjadi tidak sempura juga. Misalnya pengembangan nuklir. Nuklir yang juga mampu menolong umat manusia lewat energi yang dihasilkannya namun kebocoran nuklir mampu memustakan manusia itu sendiri.
  • Mengajari manusia untuk bertindak bijaksana. Ilmu alamia dasar yang terus saja berkembang seiring dengan pertumbuhan jumlah manusia dan sumber daya alam yang semakin berkurang. Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan manusia dituntut untuk memanfaatkan sumber daya alam dengan sehemat mungkin, bukan dengan menggunakan secara boros. Dengan menggunakan ilmu pengetahuan alamiah dasar dalam konteks pemanfaatannya manusia tidak diperkenankan untuk menggunakan sumber daya alam secara semena-mena. Mislanya batu bara yang diambil dari alam digunakan untuk pemanasan ruangan yang tidak perlu, penggunaan AC.
  • Mengajarkan manusia untuk belajar menanggulangi kerusakan lingkungan akibar tindakan manusia. Ilmu alamiah dasar mengajari manusia untuk bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukannya. Ekplorasi yang terjadi secara berlebihan menjadikan banyak bencana alam dan kerusakan lingkungan alam yang terjadi. Dengan ilmu alamiah dasar manusia belajar bahwa manusia tidak akan ada artinya tanpa adanya lingkungan yang mendukung segala macam aktivitasnya yakni alam. Segala kehidupan manusia bersumber dari alam dan jika alam mengalami kerusakan maka manusia juga mengalami gangguan. Misalnya : reboisasi, penghijauan dan lain sebagainya.
  • Mengajari bagaimana ilmu alamiah dasar sangat berperan bagi umat manusia. Dengan ilmu alamiah dasar kita mampu mengembangkan pikiran, menjawab segala pertanyaan yang timbul dari manusia, sekaligus ilmu alamiah dasar juga mampu memberikan kenyamanan dan juga kesenangan dengan lingkungannya. Dengan itulah manusia menggunakan ilmu alamiah dasar.


4. KETERKAITAN IAD DENGAN MANAJEMEN KEUANGAN


  Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. IAD hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja. Manusia adalah makhluk yang lemah dibanding makhluk lain namun dengan akal budinya dan kemauannya yang sangat kuat maka manusia dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan ilmu pengetahuan dan  teknologi manusia dapat hidup dengan lebih baik. Akal budinya dan kemauannya yang sangat kuat itulah sifat unik dari manusia. Sedangkan Manajemen keuangan dapat didefinisikan dari tugas dan tanggung jawab manajer keuangan. Tugas pokok manajemen keuangan antara lain
meliputi keputusan tentang investasi, pembiayaan kegiatan usaha dan pembagian deviden suatu perusahaan, dengan demikian tugas manajer keuangan adalah merencanakan untuk memaksimumkan nilai perusahaan. Kegiatan penting lainnya yang harus dilakukan manajer keuangan menyangkut empat aspek yaitu :
  • Manajer keuangan harus bekerjasama dengan para manajer lainnya yang bertanggung jawab atas perencanaan umum perusahaan.
  • Manajer keuangan harus memusatkan perhatian pada berbagai keputusan investasi dan pembiayaan, serta segala hal yang berkaitan dengannya.
  • Manajer keuangan harus bekerjasama dengan para manajer di perusahaan agar perusahaan dapat beroperasi seefisien mungkin.
  • Manajer keuangan harus mampu menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan, di mana perusahaan dapat memperoleh dana dan surat berharga perusahaan dapat diperdagangkan.

Jadi, kalau dilihat dari penjelasannya hubungan antar ilmu alamiah dasar dengan manajamen keuangan yaitu sangat memiliki keterkaitan yang erat. Karena keduda aspek tersebut sama-sama mengedepankan pola pikir manusia agar tetap bertahan di tengah persaingan ekonomi saat ini. Dan selalu membina hubungan baik antar manusia agar tercipta peluang usaha yang saling menguntungkan.



5. CONTOH ILMU ALAMIAH DASAR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


  Minyak dan Gas adalah Proses pembetukan minyak dan gas berdasarkan teori organic, secara alami minyak bumi yang ada di buat oleh alami bahan dasar nya dari ganggang. Selain ganggang, biota biota lain yang berupa daun-daunan juga dapat menjadi sumber minyak bumi. Tetapi ganggang itu juga merepuka biota terpenting dalam menghasilkan minyak. Namun dalam studi perminyakan setau saya diketahui kalau tumbuh-tumbuhan tinggkat tinggi akan lebih banyak menghasilkan gas ketimbang minyak bumi. Ganggang yang mati akan terendapkan dan terkumpul di bagian dasar bercampur dengan batu lempung maka akan membetuk batuan induk, setelah ganggang ini mati maka akan teredapkan didasar sedimen keberadaan ganggang ini bisa juga di laut maupun di danau. Jadi ganggang ini bisa saja ganggang air tawar maupun ganggang air laut. Batu induk ini mengandung unsur carbon atau biasa di sebutnya high TOC (Total Organic Carbon). Minyak yang di hasilkan oleh batuan induk yg termatang ini tentu aja berupa minyak mentah, walaupun berupa cairan minyak bumi yg mentah cirri fisik nya berbeda dengan air. Ketika minyak tertahan oleh sebuah bentuk batuan yg mirip dengan mangkok terbalik, maka minyak ini akan tertangkap .Dan sekarang minyak dan gas sudah mulai langka karena kebutuhan manusia yang selalu aja enggak perna puas akan apa yang dia dapatkan. Karena kelangkaan ini juga makanya pemerintah selalu menaik turun kan harga harga minyak, dan banyak pabrik pabrik yang kesulitan mencari minyak dan gas.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar