Seiring dengan perkembangan zaman, manusia harus ikut serta
mengiringi perkembangan tersebut. Perkembangan tersebut mengakibatkan
banyak hal yang berubah menjadi maju atau lebih berkembang dengan sangat
pesatnya, seperti tentu tekhnologi, perkembangan zaman mengakibatkan
perkembangan tekhnologi menjadi sangat pesat sekali, berkembang dengan sangat
drastisnya. Tak hanya tekhnologi yang berkembang pesat karena
perkembangan zaman, banyak hal lain juga yang ikut serta berkembang seperti
ekonomi, bisnis, sosial, budaya dan lainnya pun ikut berkembang. Perkembangan
zaman itupun membuat dunia bisnis menjadi berkembang, banyak faktor yang
mempengaruhi perkembangan bisnis.
Perlu di ketahui zaman sekarang ini semua kegiatan sudah memerlukan
tekhnologi canggih, di zaman sekarang bisnispun menggunakan beberapa media
canggih dengan tujuan memperluas jaringan atau menarik keuntungan yang lebih
dengan menggunakan media internet, dan lainnya. Karena dengan internet
atau jaringan lainnya di dunia maya para bisnisman dapat dengan mudah mencari
konsumen, dan modal yang di keluarkan pun lebih sedikit daripada dunia nyata.
Jadi kesimpulannya hidup berbisnis sangat berkaitan erat dengan perkembangan
zaman, Karena sangat penting tekhnologi bagi kehidupan manusia dan bisnis
khusunya. Sangat penting sekali teknologi bagi kehidupan berbisnis, karena
banyak juga keuntungannya seperti dengan tekhnologi yang canggih dunia
bisnispun menjadi menarik untuk di pelajari, atau dengan tekhnologi yang
canggih para bisnisman dapat dengan mudah dan dengan luasnya melakukan
penawaran baik menawarkan barang ataupun jasa.
Bisnis merupakan suatu kegiatan yang di lakukan
individu atau kelompok (organisasi) untuk menawarkan barang dan jasa
kepada masyarakat dengan tujuan mencari keuntungan atau pendapatan yang lebih
dengan cara transaksi. Maksudnya bahwa individu atau kelompok tersebut
menawarkan dan menjual berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan
membuat masyarakat tersebut puas dengan apa yang di berikannya. Ada
banyak cara agar bisnisman bisa menarik konsumen sebanyak-banyaknya untuk
mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Perlu di ketahui bahwa samakin banyak
konsumen yang berminat kepada barang dan jasa yang di tawarkan maka keuntungan
yang di dapatkan pun akan lebih banyak lagi. Salah satu cara untuk menarik konsumen
ialah pembuatan iklan, iklan merupakan media penghubung antara konsumen dan
produsennya karena dengan iklan konsumen bisa tau apa yang di tawarkan dan
kualitas barang atau jasa tersebut. Di dunia nyata iklan di tempel di
jalan, digedung bahkan di mana-mana iklan sangat banyak sekali. Selain di dunia
nyata di era globalisasi ini iklan bisa kita lihat di dunia maya, contohnya di
internet. Setiap kita buka situs di sebuah internet pasti terdapat iklan yang
mengenalkan atau seolah-olah mengajak kita untuk ikut dan membacanya.
Era globalisasi adalah zaman atau waktu yang
semua kegiatan manusia berkaitan dengan tekhnologi, saat ini banyak
perkembangan khususnya di bidang tekhnologi, contohnya di zaman sekarang kehidupan
manusia dan kegiatannya pasti berhubungan dengan tekhnologi yang tinggi dan
tekhnologi itu sebagai alat pembantu yang sangat penting di bidang manusia itu
sendiri. Dilihat dari kenyataannya saja di zaman sekarang semua kegiatan
manusia pasti berhubungan dengan tekhnologi. Semakin bertingkat atau majunya
suatu zaman maka tingkat kompetisi pun akan semakin mejulang tinggi, artinya
manusia di era globalisasi ini berlomba menggunakan fasilitas yang ada untuk
mencapi berbagai macam tujuannya. Salah satunya berkompetisi dalam bidang
bisnis. Bisnis merupakan suatu hal yang banyak di minati masyarakat karena
melihat banyaknya keuntungan dan mudahnya bekerja karena faktor fasilitas yang
canggih.
Tekhnologi adalah pengembangan dan penggunaan dari alat, mesin,
material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Kata
teknologi sering menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan
proses penemuan saintifik yang baru ditemukan. Akan tetapi, penemuan yang
sangat lama seperti roda dapat disebut teknologi. Definisi lainnya (digunakan
dalam ekonomi) adalah teknologi dilihat dari status pengetahuan kita yang
sekarang dalam bagaimana menggabungkan sumber daya untuk memproduksi produk
yang diinginkan(dan pengetahuan kita tentang apa yang bisa diproduksi). Karena
teknologi di dunia ini ada banyak penerapannya kemudian dibagi lagi kedalam
cabang teknologi yang sudah banyak diterapkan pada masa kini diantaranya
teknologi komunikasi, teknologi nuklir, teknologi computer, bioteknologi,
teknologi kedokteran dan masih banyak lagi teknologi yang lainnya. Semua
tekhnologi pasti di butuhkan dalam kegiatan berbisnis karena lebih cepat, lebih
aman, dan lebih mudah melakukan berbagai transaksinya. Bisnis memerlukan
tekhnologi-tekhnologi yang canggih, yang dapat membantu semua kegiatan antara
konsumen dan produsennya. Karena dengan tekhnologi secara otomatis proses demi
prosesnya di lakukan dengan cepat dan tidak memakan waktu lama.
Perekonomian global telah mengalami perubahan radikal dalam dua
dasawarsa terakhir ini. Ekonomi di dunia secara keseluruhan sedang mengalami
perubahan pesat, Faktor pertama, globalisasi, pertumbuhan perdangangan global
dan persaingan internasional yang eksplosif berdampak pada tidak adanya negara
yang dapat tetap terisolasi dari perekonomian dunia saat ini. Jika suatu negara
tetap berupaya menutup pasarnya dari persaingan asing, maka penduduknya akan
membayar lebih mahal untuk barang domestik berkualitas rendah karena
keterbatasan alternatif. Tapi, jika membuka pasarnya, negara bersangkutan akan
menghadapi persaingan ketat yang mau tidak mau memacu usaha domestiknya agar
dikelola secara efisien dan efektif. Faktor kedua, adalah perubahan dan
kemajuan teknologi yang sedemikian pesat. Sebenarnya bukan kegiatan bisnis saja
yang membutuhkan jasa tekhnologi yang canggih untuk mempermudah semua kegiatan.
Semua kegiatan manusia di bantu oleh tekhnologi yang tinggi, baik kita sadari
maupun tidak kita sadari. Maksudnya terkadang kita tidak sadar bahwa apa yang
di pakai atau apa yang di lakukan karena adanya tekhnologi yang tinggi tetapi
karena saking terbiasanya jadi tidak terasa oleh kita bahwa itu semua adalah
terbuat karena adanya tekhnologi yang tinggi. Saat ini sumber daya manusia (SDM)
yang di butuhkan harus selalu berpendidikan tinggi dan mempunyai skill yang
tinggi juga karena di era globalisasi ini tingkat kompetisinya pun tinggi.
Dengan alasan-alasan itulah manusia di zaman sekarang harus mempunyai semangat
untuk mencari ilmu dan pendidikannya pun harus tinggi.
Globalisasi
dan teknologi telah mendorong seleksi alamiah yang mengarah pada ‘yang
terkuat yang bertahan’. Keberhasilan pasar akan didapat oleh perusahaan
yang mampu menyesuaikan diri dengan persyaratan lingkungan saat ini, mereka
yang mampu memberikan apa yang siap dibeli orang. Baik individu, bisnis, kota
bahkan seluruh negara harus menemukan cara menghasilkan nilai yang dapat dipasarkan
(marketable value) yaitu barang dan jasa yang menarik minat beli. Sebagai
dampak globalisasi dan perubahan teknologi, situasi pasar saat ini didorong
kearah keadaan yang berbeda jauh sekali dibandingkan situasi pasar sebelumnya.
Perubahan-perubahan tersebut tampak pada berbagai fenomena, antara lain:
- Kekuasaan saat ini sudah beralih ketangan konsumen.
- Skala produksi yang besar tidak lagi merupakan keharusan.
- Batasan - batasan Negara dan Wilayah tidak lagi menjadi kendala.
- Tekhnologi dengan cepat dapat dikuasai dan ditiru.
- Setiap saat akan muncul pesaing - pesaing dengan biaya yang lebih murah.
- Meningkatnya kepekaan konsumen terhadap harga dan nilai.
Kemampuan penguasaan
aturan bisnis yang bersifat global diperlukan (Ketentuan ISO, Eco-labelling,
GATT, WTO, AFTA). ISO (international organization for standardization) adalah
badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan
standardisasi nasional setiap Negara. Eco-labelling ialah Informasi bagi
konsumen tentang seberapa tinggi kualifikasi peduli lingkungan (environmentally
sound/awareness) suatu produk, nyaman dan aman, dari segi lingkungan aman lingkungan
penggunaan produk tersebut. GATT (General Agreement on Tariffs and Trade)
adalah suatu perjanjian umum tentang tarif-tarif atau harga dalam
perdagangan, Organisasi Perdagangan Dunia (bahasa Inggris: WTO, World Trade
Organization) adalah organisasi internasional yang mengawasi banyak persetujuan
yang mendefinisikan "aturan perdagangan". Dan ASEAN Free Trade Area
(AFTA) merupakan wujud dari kesepakatan dari negara-negara ASEAN untuk
membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing
ekonomi kawasan regional ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi
dunia serta menciptakan pasar regional bagi 500 juta penduduknya. Dengan
mengetahui organisasi-organisasi tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa di
era globalisasi ini tantangan bagi produsen salah satunya ialah meminta izin
dari organisasi – organisasi tersebut.
Dalam kondisi apapun, semua pelaku bisnis harus
siap untuk berkompetisi dengan tujuan agar memperoleh keuntungan yang maksimal.
Tetapi perlu diingat, walaupun tujuan bisnis adalah untuk mendapatkan
keuntungan, bisnis tersebut harus tetap mentaati segala peraturan yang ada
dengan tidak menghalalkan segala cara agar semua keinginan dapat tercapai.
Etika bisnis merupakan suatu usaha yang
mendorong orang untuk selalu mematuhi dan melaksanakan persaingan bisnis yang
sehat. Setiap pelaku bisnis memiliki cara yang berbeda-beda dalam menciptakan
bisnis yang beretika, tetapi hal yang paling mendasarnya adalah mengendalikan
diri dari tindakan main curang dan korupsi.
Beberapa hal yang harus dimiliki untuk menciptakan tindakan bisnis yang beretika :
Beberapa hal yang harus dimiliki untuk menciptakan tindakan bisnis yang beretika :
- Mampu menentukan tindakan mana yang harus dijalankan dan mana yang harus dihindari,
- Mempunyai niat yang baik dalam berbisnis,
- Jujur dalam berbisnis,
- Tidak bersifat serakah atau tamak,
- Memiliki sifat yang bertanggung jawab,
- Mengendalikan diri dari tindakan main curang, dan
- Tidak mudah terpengaruh oleh orang lain.
Dengan etika yang seperti di atas tadi, konsumen
yang menawar atau membeli barang kita berkemungkinan besar untuk berminat
tinggi dan menjadi konsumen tetap, selain itu produsennnya pun akan di segani
oleh para pesaingnya.
KESIMPULAN
Bisnis merupakan suatu kegiatan yang di lakukan individu
atau kelompok (organisasi) untuk menawarkan barang dan jasa kepada
masyarakat luas dengan tujuan mencari keuntungan atau pendapatan yang lebih dengan
cara transaksi. Era globalisasi adalah zaman atau waktu yang yang semua
kegiatan manusia berkaitan dengan tekhnologi. Di era globalisasi ini segala
sesuatunya menggunakan kecanggihan atau tekhnologi yang tinggi agar tidak
ketinggalan zaman. Dan agar lebih mudah juga di kerjakannya. Jadi di era
globalisasi ini kita di tuntut untuk bisa belajar berbisnis melalui sistem
informasi yang di era globalisasi ini sistem informasi tersebut sangat di
butuhkan untuk melancarkan, mempermudah dan mempercapat semua proses
kegiatannya. Di era globalisasi sekarang ini pun untuk menyeimbangkan
perkembangan zaman yang makin berkembang dengan pesatnya manusia di tuntut
untuk belajar dan belajar. Jadi dapat di simpulkan bahwa kita belajar bisnis
agar bisa menyeimbangkan suatu perkembangan zaman, dimana di zaman tersebut
(era globalisasi) di wajibkan untuk mengetahui berbagai macam kegiatan manusia
termasuk kegiatan bisnis.
SUMBER :
http://rezkirasyak.blogspot.co.id/2012/04/pentingnya-bisnis-di-era-globalisasi.html
SUMBER :
http://rezkirasyak.blogspot.co.id/2012/04/pentingnya-bisnis-di-era-globalisasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar